Rabu, 08 Juni 2011

Pendiam Dipenuhi Rahasia



 Sifat pendiam ,mungkin semua orang juga sudah tau . Tapi taukah kamu kenapa seseorang itu bersifat pendiam seperti itu,hanya orang pendiamlah yang tahu alasannya,hehehe…J .Sebenarnya sifat pendiam itu ada 3 tingkatan diantaranya,  pendiam tingkat rendah,menengah sampai tingkat tertinggi. Pendiam tingkat rendah adalah  layaknya kebanyakan orang, diam karena belum mengenal seseorang itu,tapi setelah mengenalnya maka sifat pendiam itu akan menghilang sendiri.
Selanjutnya adalah sifat pendiam tingkat menengah, sifat pendiam ini sedikit  lebih tinggi dari pada yang tadi, so pastilah… J. Pendiam menengah ini agak sulit untuk bersosialisi,misalnya ada sesorang atau teman baru,orang pendiam tipe menengah ini, tidak pandai untuk mengajak berkenalan lebih tepatnya takut atau canggung untuk memulai suatu pembicaraan,jadi salah satu cara yang digunakan adalah diam, mereka akan menunggu seseorang itu mengajak dirinya untuk berkenalan,kalau seseorang itu tidak mau berkenalan, ya sudah…, tidak akan terjadi komunikasi. Selanjutnya disaat telah mempunyai teman,sifat pendiam itu masih saja menetap di tubuh, mereka yang pendiam akan lebih aktif berbicara kepada seseorang yang mereka anggap mengerti dirinya,memiliki kesamaan ,dan nyambung berbicara dengan nya,intinya  meraka akan lebih terbuka kepada orang yang dipercayainya saja,tapi bukan berarti meraka tidak mempercayai semua orang selain orang yang dekat dengan dirinya,  melainkan mereka hanya merasa lebih nyaman berbicara secara blak-blakkan kepada orang- orang yang dia rasa memahami dirinya,  pendiam yang menengah ini tidak sepenuhnya diam,mereka juga ada berinteraksi dengan orang lain,bedanya frequensi keseringan ngomongnya berbeda. Saya merasa, saya termasuk dalam sifat pendiam tingkat menengah, karena saya sering dibilang orang yang pendiam.Saya tidak pandai berekspesi secara terbuka kepada orang lain, bahkan di dalam keluarga  besar seperti kepada om,tante ataupun sepupu saya tidak terlalu banyak ngomong,mereka selalu bilang kalau saya ini orang yang kalau di tanya satu dijawab satu,tidak berniat untuk memperpanjang  jawaban menjadi 3 jawaban atau lebih,tapi paling tidak mereka tidak membenci saya, karena mereka mengerti sifat saya. Kemudian sifat pendiam ini merupakan salah satu cara aman ,mereka yang pendiam tidak tertarik pada suatu masalah,tidak berminat untuk berkomentar akan suatu masalah,dengan diam mereka akan merasa aman karena dengan diam kemungkinan untuk menciptakan masalah baru  itu sedikit,karena tidak akan terjadi salah bicara yang bisa menyakiti hati orang lain.
Orang pendiam memiliki banyak pemikiran di dalam otaknya tapi tidak dapat mengungkapkan nya,sebenarnya kalau bisa ngomong melalui pikiran saja mungkin tidak ada orang pendiam di muka bumi ini,karena setiap orang pasti mempunyai pemikiran di dalam otaknya,hanya saja ada orang yang dengan mudah mengungkapkan pemikirannya kepada orang lain dengan berbicara,ada yang tidak.
Orang pendiam itu menurut saya hanya malu bertatapan  muka dengan orang lain saja,percaya dirinya kurang,mungkin kalau tidak terjadi tatap muka meraka akan lebih mudah untuk berekspesi, mereka lebih suka berbicara dalam bentuk tulisan. Di zaman sekarang  ini kan sudah banyak media yang menunjang kita untuk tidak harus bertatap muka kalau ingin berkomunikasi, yaitu berada dalam dunia manya seperti sms, facebook, twiter, dan blog. Mereka bisa berbicara tanpa ditatap orang lain, apalagi kalau di dunia maya kan tidak semua orang mengenal kita ,jadi mereka tidak tau dengan siapa mereka berinteraksi.Hal itu merupakan cara orang pendiam menyalurkan pemikirannya kepada orang lain. Karena mereka dapat berfikir apa yang akan mereka katakan,apakah hal itu asyik untuk dibicarakan, apakah hal itu betul untuk dikatakan.Dan tak ada rasa gugup yang menghinggapi dirinya. Ada yang bilang meraka itu orang di belakang layar,mungkin hal itu ada benarnya juga.
Saya juga pernah membaca sebuah komik remaja,yang saya rasa tokoh di komik itu seperti diri saya, di dunia maya dia pandai mengungkapkan pemikirannya tapi di dunia nyata dia merupakan orang yang kaku dan jarang berbicara.
Rasanya susah sekali membuat diri yang sudah terbiasa diam untuk sering berbicara,disarankan untuk berteman dengan orang yang suka berbicara,malah terkadang bukan kita yang dipengaruhi tetapi dia yang terpangaruh oleh kita, mungkin karena aura diam itu lebih besar dari hobi  berbicara tadi, sehingga gaya yang dihasilkan kan tidak mampu menembus dinding di mulut supaya mau bersuara.
Disini saya menekankan bahwa dilarang keras untuk menganggap orang yang pendiam itu sombong, ,jujur saja, saya paling tidak suka dianggap seperti  itu L, seperti penjelasan diatas,orang pendiam itu  hanya tidak suka berbicara bukan berarti mereka sombong. Sombong itu adalah perasaan seseoarang yang merasa dirinya lebih hebat dari orang lain dan menganggap remeh orang lain. ,Jauh kan dari sifat pendiam. Misalnya  orang yang pendiam itu tentu jarang menegur seseorang ketika berpapasan dan mungkin lebih suka mengambil jalan lain agar tidak berpapasan, paling tidak kalau mereka tidak menegur anda, kan bisa menegurnya duluan,tentu mereka akan merespon anda , jika mereka tetap diam dan tidak merespon baru hal itu di anggap sombong.
Yang terakhir adalah  pendiam tingkat tinggi,yaitu orang yang tidak pandai bersosialisasi, dan biasanya mereka tidak punya teman.Karena tipe ini selau mengasingkan diri tidak mau bergabung dengan  orang lain,entah merasa minder atau merasa lebih hebat di banding orang lain,tapi sebenarnya meraka itu hanya  tidak pandai bersosialasi,jadi alahkah lebih baik kalau kita mencoba mendekati dia dan ajak dia untuk berteman.Karena orang yang tidak punya teman pasti merasa tertekan tidak tau kepada siapa akan berbagi suka dan duka.
Kesimpulannya pendiam itu disebabkan karena pengaruh lingkungan ,jarang bersosialisasi, menghabiskan waktu sendiri di rumah atau di suatu tempat. Dan Lagi ada juga dari factor keturunan ,maksudnya  kalau orang tuanya pendiam kemungkinan besar anaknya juga pendiam,kecuali sudah diantispasi sejak kecil.
Ini semua hanya pendapat dari saya apabila ada kesalahan atau ada yang merasa tersinggung mohon dimaafkan,dan apabila ada pendapat lain tolong komentarnya.. J
                         
                                                            THE END….

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar